Kamis, 19 Juli 2012

PBNU: Kemungkinan Awal Puasa Hari Sabtu

JAKARTA- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memperkirakan 1 Ramadan 1433 H kemungkinan jatuh pada Sabtu, 21 Juli 2012. PBNU berpendapat hilal sudah wujud namun belum terlihat.

"Baru 1 derajat 38 menit 26 detik, jadi belum bisa memenuhi batas atau dirukyat. Hilal sudah wujud namun belum terlihat jadi kemungkinan awal puasa hari Sabtu," ujar Katib Aam PBNU, Abdul Malik, di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Nomor 164, Jakarta Pusat, Kamis (19/7/2012).

Namun dia memastikan, PBNU akan mengirim utusan guna mengikuti sidang Isbat Ramadan 1433 H di Kementerian Agama.

"PBNU memiliki sebuah lembaga yang menangani masalah astronomi dan sudah melakukan penghitungan posisi bulan. Berdasarkan pengamatan, hasil hisab tidak berbeda dari lembaga-lembaga lain seperti Muhammadiah dan sebagainya," paparnya.

Namun, menurutnya, perhitungan bukan keputusan final, tetapi hasil observasi langsung terlihat hilal atau belum itu nanti sore dan saat matahari tenggelam sudah tampak apa belum.

"Hak isbat untuk menentukan hanya ditangan pemerintah, yaitu Kementerian Agama, NU hanya ikbar menginformasikan kepada umatnya. Kami juga  mengimbau untuk menghormati perbedaan pendapat khususnya penetapan 1 Ramadan dan tetap menjaga ketentraman," jelasnya.

sumber : Okezone.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar