Kamis, 19 Juli 2012

Awal Puasa Ramadhan 2012







Hari pertama awal Puasa Ramadhan 2012 sebentar lagi tiba. Umat Islam di belahan dunia mana pun tentu menanti kehadiran bulan yang penuh barokah ini.
Ramadhan adalah bulan ujian bagi umat Islam. Saat bulan ini tiba, seorang muslim yang mungkin dalam setahun ini sedikit bersenang dengan kenikmatan duniawi, diminta untuk mengekang hawa nafsunya.
Tak hanya masalah menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan hasrat-hasrat buruk, keakuan, dan sifat-sifat negatif yang barangkali masih melekat dalam diri. Insya Allah, dengan tempaan penuh selama sebulan, pada akhirnya kita menjadi pribadi yang lebih bersih, lebih bersyukur atas segala yang menimpa.

Berkaitan dengan hari pertama awal puasa Ramadhan 2012, Muhammadiyah yang menggunakan metode hisab, sudah menentukan bahwa hari pertama Ramadhan jatuh pada Jumat, 20 Juli 2012. Dengan demikian, Kamis malam ini adalah tarawih pertama bagi jamaah Muhammadiyah.

Sementara itu, Pemerintah belum memutuskan kapan hari pertama puasa Ramadhan 1433 H. Penentuan awal puasa akan ditentukan dalam sidang isbat, yang insya Allah akan dilaksanakan pada Kamis malam, 19 Juli 2012 ini.

Sidang isbat sendiri akan dihadiri beberapa organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU), PP Persis (Persatuan Islam), Dewan Syariah PKS (Partai Keadilan Sejahtera), dan jamaah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar